Minggu, 25 Oktober 2009

Library 3d Studio Max 9

material library pada 3d studio max bisa disimpan dalam format file berekstensi mat.
pada 3d studio max versi 9, ada sedikit perubahan penempatan folder folder yang biasa digunakan oleh 3dsmax, salah satunya adalah folder materiallibraries. jika pada sebelumnya folder ini berada dalam root dimana 3dstudio max diinstall, sekarang folder tersebut secara sengaja dibuat duplikastnya di folder My Documents/materiallibraries. hal ini untuk menghindari terhapusnya folder folder tersebut jika user hendak memformat / mendelete drive dimana max terinstall.




nah, bagaimana cara menambahkan / meloading material library pada material browser ?
1. Buka material editor (Shortcut M).2. Pilih salah satu slot, klik button Standart.Defaultnya akan terarah pada “New” option.3. Pilih Mtl Library.4. Klik Open.Arahkan dimana anda menyimpan koleksi file *.mat. lalu klik Open.5. Maka material library sudah bisa anda load dan siap diaplikasikan pada slot Material Library.
Terkait dengan problem anda yang kedua, saya menduga “vertex” yang anda maksudkan adalah vertex dari object type “editable spline”. Perhatikan dan bandingkan ketiga type object berikut.

ketiga object tersebut bisa dibentuk dengan melakukan converting dari satu object ke object lain (khusus editable mesh & poly). Untuk editable spline, hanya bisa dibentuk dari object 2d / shape.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar